oleh

Kasiops Kprem 032 Patroli Udara Upaya Pencarian Korban ABK Yang Hilang

-Hankam-2.876 views

PADANG|
Komando Resor Militer 032/Wbr diwakili oleh Kasiops Korem 032/Wbr Kolonel Inf H. Sugiyono bersama Letkol Laut (KH) Zulkarni Pasminlog Satrol Lantamal II Padang, Ka Kantor SAR Padang Asnedi, Kabid Kedaruratan dan logistik BPBD Sumbar Rumainur, Humas Basarnas Andri Wanto, Crew Helikopter BNPB 3 org (pilot, co pilot , technisi 1 org) melaksanakan patroli udara menggunakan helikopter jenis Bell 412 EP milik BNPB dalam rangka pencarian korban 11 orang ABK (Anak Buah Kapal), 10 orang ABK kapal KMP Mitra Utama dan 1 orang ABK KMP Restu Ibu disepanjang Pantai Air Haji, Kecamatan Linggo Sari Baganti, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

Upaya pencarian korban terus dilakukan oleh tim gabungan yang terdiri dari TNI AD, Basarnas Padang, Basarnas Bengkulu, BNPB, polisi, Satrol Air Padang, Dinas Perikanan dan Kelautan, Tim Kesehatan, Orari Pessel, nelayan dan masyarakat sekitar dan sudah berjalan selama 5 hari yang mana hasilnya 11 orang Abk belum ditemukan hingga saat ini masih nihil. Kegiatan pencarian tersebut sudah dilakukan menggunakan berbagai cara dengan diturunkannya kapal KRI Kala Hitan (Satrol Lantamal II Padang), KN Tenggiri (DPK), Rib 02 Bengkulu, Rib 02 Padang, perahu karet, perahu nelayan, rescue carrier, motor trail, PAL Medis dan helikopter BPBD yang digunakan pada hari ini, Minggu (2/1).

Kasiops Korem 032/Wbr bersama rombongan melaksanakan patroli udara
Patroli udara bersama dimulai pukul 11.15 wib take off dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM) terbang menuju perairan Pesisir Selatan yang dilaksanakan selama ± 30 menit dengan mengitari sepanjang Pantai Pesisir Selatan guna membantu menemukan 11 orang ABK yang hilang. Usai melaksanakan patroli, tim landing di lapangan bola Nagari Pasar Lama, Kec. Air Haji yang terletak dipinggir pantai dekat Posko Terpadu, dilanjutkan meninjau Posko dan bertemu dengan Bupati Pessel, Dandim Pessel dan para pejabat Muspida lainnya serta tokoh masyarakat Air Haji.

Kejadian ini diakibatkan hujan badai kencang diiringi gelombang tinggi beberapa hari yang lalu. Untuk sementara info yang didapat kata Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Padang, Asnedi melalui Humas Jody Harryawan satu bagan kapal KMP Kasih Ibu telah ditemukan dalam kondisi rusak berat dengan 14 ABK, 13 ABK ditemukan selamat sedangkan satu ABK lagi masih dalam pencarian yang bernama Al (40), sedangkan KMP Mitra Utama belum ditemukan dengan 10 ABK.

Hendrajoni selaku Bupati Pesisir Selatan menyampaikan terima kasih kepada Korem 032/Wbr, Lantamal, BPBD Sumbar, dan Basarnas yang telah memberikan perhatian dan bantuan serta selalu mendampingi Pemkab Pessel dalam pencarian korban 11 orang ABK, 10 orang ABK kapal KMP Mitra Utama dan 1 orang ABK KMP Kasih Ibu yang hilang di Nagari Pasar Lama, Kecamatan Air haji, Kabupaten pesisir Selatan.

“Hingga saat ini pencarian terus dilakukan, semoga upaya pencarian ini bisa membuahkan hasil dengan menemukan 11 ABK yang hilang”, ujar Bupati Pessel mengakhiri.(Pen 032)

News Feed