oleh

Angkat Potensi Lokal, Korem 032 Dukung Ketahanan Energi Guna Tingkatkan Ekonomi Masyarakat

-Hankam-3.839 views

#Pengolahan Plastik menjadi Bahan Bakar Melalui Teknologi Terapan#

SUMBAR|
Komandan Korem 032/Wirabraja Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo didampingi Kasi Intel Korem 032/Wbr Kolonel Kav Mukmin dan Dandim 0311/Pessel Letkol Kav Edwin Dwiguspana beserta rombongan melaksanakan peninjauan dengan mengunjungi workshop milik Dabirudin dalam rangka mendukung ketahanan energi melalui teknologi terapan bertempat di Kampung Sindang Nagari Sindang Lunang Kec. Lunang Kab Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Minggu (9/2).

Kunjungan Danrem 032/Wbr tersebut merupakan salah satu program Korem 032/Wbr sebagai wujud peduli terhadap ketahanan energi dengan mengangkat potensi lokal, seperti dilakukan oleh Dabirudin sebagai pengelola workshop yang telah menciptakan suatu karya teknologi terapan dengan mengelola bahan plastik menjadi bahan bakar dan bisa membuka peluang usaha bagi masyarakat Sumatera Barat khususnya wilayah Kabupaten Pesisir Selatan.

Brigjen TNI Kunto Arief Wibowo selaku Danrem 032/Wbr menyampaikan bahwa akan mendukung, membikin dan mengembangkan karya teknologi terapan yang telah diciptakan oleh Dabirudin. Hasil dari karya tersebut nantinya akan disampaikan kepada Pemerintah Daerah Sumbar guna menjawab persoalan yang terjadi saat sekarang ini dan bisa dijadikan sebagai solusi alternatif dalam membantu perkonomian masyarakat khususnya didaerah tambang illegal.

Selanjutnya, teknologi terapan ini dibuat menggunakan biaya yang relatif murah dan juga merupakan produk buatan lokal sehingga kita tidak perlu lagi membeli barang produk luar yang harganya sangat mahal. Produk ini juga bisa dijadikan suatu edukasi sehingga bisa meningkatkan SDM masyarakat, dengan membantu proses pendaftaran dan perizinan usaha dan hasilnya nanti bisa dimanfaatkan bersama, ujar Danrem 032/Wbr.

Lebih lanjut, Danrem 032/Wbr menjelaskan bahwa Korem 032/Wbr selama ini berupaya menciptakan inovasi dan kreatifitas dengan bekerja sama sekaligus mengangkat potensi lokal yang mana sudah menghasilkan beberapa produk dan sudah dimanfaatkan oleh masyarakat guna mendukung Pemerintah Daerah Sumbar, jelas Brigjen Kunto.
“Marilah kita sebagai komponen bangsa bersama sama bersatu mengangkat potensi lokal guna mensejahterakan masyarakat tersebut dengan memanfaatkan hasil yang telah dibuat sehingga bisa membuka lapangan pekerjaan yang nantinya bisa menambah perekonomian masyarakat, harap Danrem 032/Wbr.

Dabirudin selaku pengelola workshop menyampaikan bahwa mesin teknologi terapan buatannya ini digunakan untuk mengelola bahan plastik menjadi bahan bakar guna mendukung ketahanan energi dimana hasilnya nanti bisa dikembangkan dan digunakan sehingga bisa membantu perekonomian masyarakat.
Diusia 68 tahun ini Dabirudin yang sehari hari dipanggil Dab berharap agar pihak terkait dapat memberikan dukungan dan dorongan sehingga bisa mencapai hasil yang maksimal, harap pensiunan TNI ini. Dab merasa bangga atas kunjungan dan arahan dari Brigjen Kunto Arief Wibowo yang selama ini terus memberikan ide serta masukan kreatif”, jelas Dab.

Senada dengan hal tersebut, Lionica Ventira selaku Camat Kec. Lunang Kab. Pessel menyampaikan sangat berterimakasih atas kedatangan Danrem di wilayahnya dalam berbagi ilmu dan motivasi, dengan memberikan dukungan semangat dan kegigihan kepada warga kami yaitu Dab yang menjadi inspirasi bagi warga Lunang, kami selaku pemerintah daerah siap mendukung program yang dapat meningkatkan pendapatan masyarakat ini, ujar Ibu Camat ini megakhiri.

Turut serta hadir pada kesempatan tersebut Camat Lunang Lionica Ventira, Kapolsek Lunang AKP Rahmadi Kurniawan dan walinagari setempat. (Pen 032)

News Feed