oleh

TNI Datang, Warga Desa Batu Jonjong Akan Sejahtera Lewat Pra TMMD-108 Kodim 0203/Lkt

-Hankam-1.032 views

LANGKAT|
Ratusan kepala keluarga yang selama ini mengais rezeki dari hasil menjual pertanian yang ada di Desa Batu Jonjong Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut) akan sejahtera dengan hadirnya prajurit Kodim 0203/Langkat.

Kehadiran prajurit TNI ke Desa Batu Jonjong yang berbatasan dengan Kabupaten Tanah Karo dan Provinsi Aceh ini guna mewujudkan pembangunan insfratruktur.

“Selama ini kami sulit sekali menjual hasil pertanian, karena sungai tidak ada jembatan dan jalan kecil sekali berbatuan tanah. “Bapak -bapak tentara datang membangun jalan dan jembatan kami sangat senang, impian kami terkabul karena kami dan anak-anak sekolah bisa melintas kalau jembatan siap, “ungkap warga bernama Ternati (56 tahun).

Jembatan penyebarangan dibuat tentu masyarakat akan senang,karena sudah tidak ada lagi halangan menjual hasil pertanian. “Transfortasi lancar sehingga bisa sejahterakan masyarakat disini, karena kalau banjir kasihan warga tidak bisa melintas, “sebut Kades Kades Batu Jonjong Tetap Ukur Ginting.

Sementara itu, Komandan Kodim 0203/Langkat Letkol Inf Bachtiar Santoso, menyampaikan bahwa kehadiran prajurit TNI ke Desa Batu Jonjong Kecamatan Bahorok Kabupaten Langkat, Sumatera Utara (Sumut),guna mewujudkan pembangunan merata didaerah terilosir.

“Selama ini warga di Desa Batu Jonjong sangat mendambakan pembangunan jembatan dan peningkatan jalan agar mereka bisa lancar menjual hasil pertaniannya, dengan adanya kegiatan Pra TMMD maka impian warga akan tercapai, “jelas Dandim.

Mantan Danyonif Intel Tempur Kostrad ini mengatakan bahwa Pra TMMD dilaksanakan agar pekerjaan tuntas tepat waktu, pasalnya, saat ini musim hujan sehingga pekerjaam fisik perlu dilaksanakan.

“Hari ini alat berat dan beberapa personel sudah mengerjakan pengerukan Sungai Simpang Batu Jonjong untuk pembangunan jembatan sepanjang 12 meter, “sebut Dandim.

Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Batu Jonjong ini untuk saat ini sasaran fisik pembuatan jembatan, pembukaam jalan lebar 5 meter sejauh 1,5 Km dan pembuatan parit.

“Untuk pembukaam TMMD 108 Kodim 0203/Langkat dilaksanakan secara Virtual pada 30 Juni 2020 mendatang, “kata Dandim.

Dijelaskannya bahwa personel Satgas nantinya menetap dirumah warga dan makan juga dimasakan warga selama berjalannya kegiatan. “Selain pekerjaan fisik juga dilaksanakan non fisik, “terang Dandim.

Untuk pembukaan jalan dilaksanakan di wilayah Dusun Tegapan dan Batu Katak Desa Batu Jonjong Kecamatan Bahorok.

“Jumlah penduduk Desa Batu Jonjong sebanyak 553 kepala keluarga (KK) yang menempati sejumlah rumah di 6 dusun yang
berbatasan Provinsi Aceh di sebelah barat dan sebelah selatan berbatasna Kabupaten Tanah Karo dengan luas wilayah secara administrasi 17.531 hektar, “terang Kades Batu Jonjong Tetap Ukur Ginting.

Disini, lanjutnya, luas areal pertanian seluas 400 hektar lahan kebun sawit dan karet. “Warga Desa Batu Jonjong petani karet dan sawit setiap harinya menjual hasil pertanian menyebrang sungai tanpa ada jembatan, kalau banjir tidak bisa cari makan karena tidak bisa dilalui, maka itu dengan adanya pembuatan jembatan dilakukan TNI kami sangat berterima kasih sekali, “jelas Kades.

Kades Desa Batu Jonjong Tetap Ukur Ginting menyampaikan bahwa dirinya selaku Kades sangat berterima kasih dengan TNI karena mau membangun diwilayah kerjanya. Dengan adanya kegiatan ini, maka masyarakat desa sangat beruntung tidak susah emnjual hasil pertaniannya.

“Terima kasih Pak Dandim,desa kami akan maju dan sejahtera lewat kegiatan Pra TMMD ini, kami sangat mendukung TNI dalam kegiatan ini, “sebut Kades. (Red)

News Feed